Bed Cover Binatang, Teman Tidur Si Kecil




Bed cover atau selimut biasanya hanya berbentuk persegi dengan motif print. Namun, kini hadir bed cover unik dan lucu dengan beranekaragam bentuk, salah satunya bentuk binatang yang cocok menemani si kecil tidur.

Bed cover, pada dasarnya berfungsi sebagai penghangat ataupun pelindung dari serangan nyamuk. Tak hanya itu, kini bed cover pun dapat menambahkan kenyaman tidur dan mempercantik tempat tidur dengan bentuknya yang semakin unik dan lucu. Lienny M. Gunardi, terinspirasi membuat bed cover yang tak biasa untuk mempercantik tempat tidur Anda maupun si kecil.

Kini, wanita yang akrab disapa Yenny ini telah mengembangkan produknya menjadi aneka produk yang unik dan lucu. Dan yang menjadi unggulan dan keunikan karya Yenny adalah bed cover anak dan bed cover bayi dengan bentuk binatang yang memiliki mata, hidung, mulut, tangan, kaki maupun ekor. dengan bahan yang halus dan bentuknya yang lucu.

Yenny menceritakan bahwa kesukaannya pada dunia anak-anak membuat ia terinspirasi untuk membuat karya-karya yang unik, lucu dan pastinya disukai anak-anak. Awalnya ia hanya membuat souvenir dengan bentuk yang lucu dari kain flannel dan kain perca yang ternyata sangat disukai banyak orang. Pesanan pun mengalir untuk souvenir pernikahan dan ulang tahun.

“Dari sanalah saya mendapat ide untuk membuat bentuk yang sangat besar dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, dan pilihan saya jatuh pada bed cover anak lucu dan unik, yang dapat mempercantik kamar tidur mereka, juga menemani mereka tidur dan bermain,” ujar wanita kelahiran Sukabumi, 14 April 1969 ini.

Dua tahun ia bereksperimen men-design dan membuat bed cover lucu dan unik untuk dipakainya sendiri. Setelah yakin hasilnya bagus, barulah ia memulai usaha ini lima tahun yang lalu. Dan untuk produksi ia menjadikan rumahnya yang berada di Melati Mas Residence, Serpong, Tangerang sebagai tempat produksi bed cover ini.

Ibu dari dua anak ini telah terbiasa dengan dunia menggambar dan jahit menjahit sejak kecil. “Ayah saya seorang guru gambar dan lukis. Ibu saya pernah menjadi penjahit pakaian wanita. Jadi sejak kecil, saya sudah tidak asing dengan jahit-menjahit dan gambar-gambar lucu yang dibuat ayah saya untuk murid-muridnya,” ujar Yenny.

Untuk memasarkan produknya ini, Yenny tidak memiliki showroom, ia lebih memilih melalui agen-agen yang ia miliki, internet, mengikuti pameran, bekerjasama dengan produsen furniture anak sampai pada masuk katalog kartu kredit. Ia pernah mencoba selama 1,5 tahun memasarkan dengan lewat showroom, namun ternyata hasilnya kurang efektif.



Selain bed cover bayi dan bed cover anak berbentuk binatang yang lucu dan unik, Yenny juga memproduksi aneka kebutuhan rumah tangga lainnya seperti aneka bed cover remaja dan dewasa, sprei set, bantalan kursi, bantalan duduk, cempal ( pegangan panas untuk panci), tempelan lemari es, serta gantungan kunci/ gantungan kaca.

Yang menjadi ciri khas produk-produk Yenny adalah di bentuk model yang semua model dibuat dari full katun polos yang dibuat secara patchwork, quilting (dibantu mesin jahit), bordir dan aplikasi, sehingga membentuk suatu karakter. Teknik patchwork dan quilting ini merupakan seni menggabung-gabungkan kain dengan ukuran dan potongan tertentu untuk membentuk motif-motif yang unik.

Untuk mendapatkan bed cover yang nyaman, rapi dan detail diperlukan teknik pengerjaan yang cukup sulit dengan ketelitian ekstra tinggi serta bahan baku dengan kualitas terjamin. Untuk itu, produk-produk bed cover dijual dengan harga mulai dari Rp 260 ribu sampai Rp 900 ribu tergantung ukuran dan kualitasnya. Contohnya seperti bed cover bayi dijual Rp 260 ribu/ set berikut dengan sprei setnya, sedangkan bed cover binatang untuk anak, Yenny mematok harga Rp 500 ribu- Rp 900 ribu/ buah untuk KW 1 dan Rp 350 ribu- Rp 500 ribu/ buah untuk KW 2.

Bahan baku yang digunakan didapatkan langsung dari pabrik dalam dan luar kota Semua bahan baku produksi dalam negeri, namun kwalitas terbaik. “Bahan yang digunakan adalah bahan yang lembut, tidak berbulu, tahan lama, dan harus produksi dalam negeri agar barang-barang produksi kami harganya terjangkau,” ujar wanita lulusan ASMI ini.

Selama ini semua kalangan menyukai produk-produk hasil karya Yenny mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua. Yenny menjelaskan hal ini mungkin dikarenakan dibandingkan produsen bed cover yang pada umumnya menggunakan bahan print/cetakan dan berbentuk persegi, sedangkan produknya menggunakan bahan polos dan menghindari bentuk persegi yang kaku sehingga karakter yang dibuat benar-benar hidup dan indah.

Yenny mengatakan bahwa usaha ini memiliki prospek bagus untuk saat ini maupun ke depannya asalkan sasarannya tepat. Contohnya bed cover bayi, Yenny memasarkannya terutama ke rumah sakit- rumah sakit bersalin dan toko-toko perlengkapan bayi. Hal ini dikarenakan, ia terpikir bahwa setiap hari pasti ada kelahiran bayi, maka konsumen akan selalu berdatangan ke tempat-tempat tersebut. Bahkan bed cover bayi pernah mencapai penjualan sebanyak 35 lusin.

Selama ini pesanan/order yang biasanya per bulan untuk bed cover bayi/anak berjumlah 100-200 buah, bantalan kursi 100-400 buah, dan permintaan akan meningkat di akhir tahun. Sedangkan untuk bantalan duduk, cempal dan souvenir, tergantung dari sisa produksi bed cover. Jadi kami membuat ready stok dulu baru kami pasarkan.

Karena keunikan produknya, Yenny acapkali mengalami kepahitan yakni saat banyak hasil karyanya yang dijiplak, baik design maupun kreatifitasnya. Untuk itu Yenny mau tak mau harus bekerja ekstra keras untuk membuat model-model baru, yang biasanya dalam tiga bulan ia mengeluarkan satu atau dua model baru, kini dalam satu atau dua bulan ia bisa mengeluarkan delapan model baru.

Namun dibalik itu semua, Yenny menceritakan bahwa usaha seperti ini tidak pernah merasa bosan/jenuh karena usaha ini termasuk karya seni yang dapat dengan bebas berekspresi dan menimbulkan banyak kreatifitas. Selain itu, tidak ada limbah produksi karena bahan baku tidak ada yang terbuang, sisa produksi bed cover dan sprei dibuat bantalan kursi, bantalan duduk, souvenir dan cempal.

Seiring waktu berjalan, di lihat dari jumlah produksi, usaha Yenny mengalami perkembangan. Hal ini membuat Yenny harus menyuntikkan dana yang cukup besar bagi kelangsungan usahanya. Yenny menjelaskan untuk memperbesar usahanya ia harus menambah karyawan. Menambah jumlah karyawan berarti menambah mesin jahit. Menambah mesin jahit berarti membutuhkan tempat yang lebih luas. Membeli/menyewa tempat untuk produksi membutuhkan modal yang sangat besar.

Yenny memang pantas berpuas hati atas produk-produk unik dan lucu yang ia ciptakan. Tentunya hal ini tak terlepas dari prinsip yang selama ini ia pegang teguh yaitu baginya bekerja dari hati akan menghasilkan keindahan dan kepuasan. Terlihat dari produk-produk yang dihasilkannya memiliki nilai seni dan lain daripada yang lain.
Untuk kedepannya, Yenny berharap dapat meningkatkan produksi dengan mengkaryakan anak-anak atau remaja dari Panti Asuhan. “Untuk rencana ini kami sudah memantau remaja-remaja dari panti Asuhan di Cipanas-Puncak. Mereka mencari dana dengan cara menerima order menjahit bed cover dan lain-lain,” ujar istri dari Anton Gunardi ini.

Yenny berpesan jika ingin memulai usaha sejenis, Anda harus jalani dengan sepenuh hati, tekun, dan ulet. Serta kenali benar-benar produk yang akan Anda buat, jangan pernah memulai usaha karena melihat orang lain berhasil di bidang ini, tetapi karena Anda mencintai pekerjaan ini. Dengan demikian Anda akan menghasilkan karya-karya yang indah, dan keindahan sangat penting dalam menjalankan usaha ini.

4 komentar:



Hj.Eriyati Subarni Saerun mengatakan...

Saya salut teruskan anda mutiara bangsa
kalau bangsa ini seperti anda akan makmur
negara ini gak ada pengaguran

Anonim mengatakan...

hi Yenny,
temen saya tertarik dg bed cover binatangnya.
klo mau beli, gmn caranya, dan ada motif apa aja.
tlg info ke email : lindawaty_ciu@yahoo.com.au

thx

Unknown mengatakan...

saya juga mau pesan dengan motif/latar berdasarkan permintaan saya sendiri apakah bisa??
mohon responnya ke
besk_lucky@yahoo.com

Tks.

bonikha babyshop mengatakan...

maaf, blog ini hanya sekedar berbagi info. utk pemesanan silahkan cek d fb : bonikha babyshop (bonikha_babyshop@yahoo.com) atau blogspotnya bonikha babyshop. atau bs sms : 085624177313 dan pin bb 27c1bcaf. terima kasih

Posting Komentar